VIDEOLAB share and play your motion thoughts..





videolab
Bandung
   

<< April 2011 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30


If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed



Apr 10, 2011
7" : "VILLAGE FILM FESTIVAL (Jatiwangi)" , 10 April - 10 Mei 2011

Program 7" adalah program video screening bulanan yang diputar di perpustakaan s.14 berupa pemutaran video/film pada LCD 7 inch. Pada bulan ini menampilkan kompilasi film dari kegiatan Sunday Screen di Jatiwangi, Cirebon ;

" VILLAGE FILM FESTIVAL (Jatiwangi)"

VFF-merupakan festival residensi videomaker internasional. Videomaker disini termasuk pembuat film, seniman yang biasa menggunakan media audio visual, video documentator atau bidang profesi lain yang juga menggunakan media audio visual sebagai pendekatan atau karyanya. Videomaker diajak untuk residensi selama 2 minggu. Disebar ke berbagai desa, ditempatkan di rumah penduduk untuk berkolaborasi bersama warga, komunitas, ataupun pemerintahan desa, melakukan berbagai pendekatan, hingga selanjutnya dapat membuat sebuah film kolaboratif.

 

VFF-Village Film Festival diselenggarakan oleh Sunday Screen; sebuah komunitas film di Bandung yang fokus pada ruang pemutaran alternatif, workshop, dan kajian dokumentasi. Bekerjasama dengan Jatiwangi Art Factory (JaF); sebuah komunitas di Jatiwangi yang fokus pada kajian kehidupan lokal melalui program seni, seperti workshop, penelitian dan kajian, pertunjukan, seni musik, seni rupa, residensi seniman dan Festival. Salah satu festival 2 tahunan Jaf adalah Jatiwangi Artist in Residence Festival (JARF). JARF 2010 (26 Juni-9 Juli) menghadirkan 22 seniman domestik maupun international dan melibatkan 7 desa di Kecamatan Jatiwangi.

 

Film Kolaborasi

Joacelio Batista – Brazil

Burujul wetan Village

Ada 3 film yang dibuat oleh Joacelio bersama warga desa Burujul Wetan dalam Festival ini. Dan satu video performance yang ia buat di pabrik genteng. Salah satu filmnya berjudul “Luruskan”. Sebuah potret sederhana tentang sekelompok anak di salah satu Madrasah di desa kami. Mungkin lewat potret kecilnya kita dapat lebih merasakan bentuk utuh desa ini.

 

Teresa Birks – England

Jatisura Village

Selama residensinya, Teresa mengajak semua Dusun yang ada di Jatisura untuk mulai membuat video yang sifatnya partisipatif. Untuk kemudian dikemas menjadi film tentang kehidupan warga di Jatisura Berjudul “Inohong di Jatisura episode: warga membuat film. Dan dalam tahap ini Teresa hanya hadir sebagai fasilitator. Warga yang menentukan semuanya.

 

 Alfie Chen – Taiwan

Loji Village

Dalam workshopnya di Festival ini, Alfie mengajak warga desa Loji untuk menulis puisi di atas genteng. Kemudian genteng tersebut dibakar dan setelahnya di pecahkan untuk dibuat alat musik. Kemudian Alfie coba mengemasnya menjadi beberapa film, salah satunya berjudul “There is a Baby”.  Judul ini diambil dari salah satu puisi yang ia tulis di atas genteng.

 

Yupica Gaiano

Leuweung Gede Village

Mengkuti Village Film Festival menjadi kunjungan pertamanya ke Indonesia. Dan ia melihat begitu banyak hal yang menarik di Indonesia khusunya di Desa Leuweunggede. Ketertarikan ini membuatnya merasa berada di sebuah tempat yang belum pernah ia bayangkan sebelumnya. Hingga ia memberi judul film yang ia buat bersama warga desa Leuweunggede “Suatu Tempat di Dunia”. Kami seakan diajak bertamasya di dunianya. Dunia yang ia temukan di Desa ini. Lewat kepolosan, lewat kesederhanaan, lewat kebingunan, namun merasa terikat.


Sunday screen merupakan ruang alternatif yang fokus pada video, melalui program; workshop, produksi film, festival,  dan kajian dokumentasi. Salah satu festival tahunan sunday screen adalah Village Film Festival (VFF); sebuah festival residensi videomaker internasional yang  diselenggarakan bekerjasama dengan Jatiwangi art Factory (JaF). 





Posted at 04:54 am by videolab

Krisna Murti
February 9, 2012   08:34 AM PST
 
Sip, tadinya aku mau lihat footagenya. Salam
 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry